Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat Pagi!
Sebelum belajar, Silakan berdoa terlebih dahulu.
Untuk absensi silakan di wali kelas masing-masing. Apa kabar? Semoga kalian sehat sehat ya. Kab. Bekasi masuk zona merah, tetap ikuti protokol kesehatan ya jika ingin keluar rumah.
Sebelumnya tolong harap baca postingan saya sampai utuh ya. Terimakasih!
Terimakasih yang sudah berpartisipasi minggu lalu di kolom komentar. Bagi yang belum tugasnya saya tidak menerima tugasnya ya.
Baik, pada pertemuan ke 5 ini yaitu materi upaya penegakan hak asasi manusia.
Adapun upaya pemerintah (pada hal. 22-27) silakan dibaca ya. Juga upaya penanganannya (hal. 27-29) dibaca juga ya.
Lalu jawab pertanyaaan berikut di kolom komentar. Contoh perilaku apa saja yang dapat ditampilkan sebagai bentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia. Baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara. Silakan jawab baik di lingkungan manapun.
"Hak dan kewajiban asasi manusia merupakan dua hal yang saling berkaitan. Keduanya memiliki hubungan kausalitas atau hubungan sebab akibat. Seseorang mendapatkan haknya dikarenakan dipenuhinya kewajiban yang menjadi tanggungjawabnya."
Sekian materi Bab 1, semoga semakin banyak ilmu yang didapat walau belajar dari rumah. Dan semoga semakin mantap menjalankan kewajiban sebagai warga negara sehingga dapat terpenuhinya hak warga negara. Lakukan 3 M, Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil dan Mulai dari sekarang.
Pada pertemuan selanjutnya akan dibahas bab 2 tentang sistem dan dinamika demokrasi. Silakan dipelajari karena Sebelum pembahasan bab 2 akan ada kuis tentang bab 2.
Terimkasih, Wassalamualaikum Wr. Wb.
Perilaku yang Mendukung Upaya Penegakan dalam Berbangsa dan Bernegara
BalasHapus1.Bersedia menjadi saksi jika mengetahui terjadinya pelanggaran HAM.
2.Tidak membuat kerusuhan dan provokasi yang dapat memecah belah kerukunan umat beragama di indonesia.
3.Melaporkan pada pihak yang berwajib jika melihat dan mengetahui telah adanya pelanggaran.
4.Tiidak ikut melakukan segala bentuk terorisme yang mengancam banyak umat.
5.Mencegah segala bentuk aksi separatisme yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara.
Hendra Rizki Taruna
HapusXI. KULINER
Selamat pagi bu, saya RACHEL kelas XI kuliner
BalasHapusSaya ingin menjawab pertanyaannya.
Contoh perilaku apa saja yang dapat ditampilkan sebagai bentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia. Baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara
1.dilingkungan keluarga:
A.Mematuhi nasihat dan perintah kedua orangtua
B.Tidak membeda-bedakan antara anak baik anak sulung atau anak bungsu dan yang lainnya
C.Tidak memaksakan kehendak pada anak, orangtua dan anggota keluarga lainnya
D.Saling sayang menyayangi antar anggota keluarga, dan menegur bila salah satu anggota keluarga melakukan kesalahan.
2. Dilingkungan sekolah:
A. Mentaati tata tertib sekolah dengan baik
B.Saling hormat menghormati antar mutid dengan murid, murid dengan guru dan warga sekolah lainnya
C.Tidak membeda-bedakan teman, misalnya teman yang kaya atau miskin dan yang pintar maupun yang tidak
D.Guru bersikap adil kepada semua murid
3.dilingkungan masyarakat:
A.Membantu tetangga jika dalam kesusahan
B.Tidak menyinggung perasaan tetangga
C.Menghargai pendapat orang lain
D.Berkomunikasi dengan baik dan sopan santun
4. Dilingkungan bangsa dan negara:
A.Memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat
B.Mematuhi semua peraturan-peraturan ang ada di suatu pemerintahan
C.Masyarakat ikut serta dalam membantu kebijakan-kebijakan pemerintah
D.Hakim pengadilan didalam pemerintahan berlaku adil dalam memutuskan suatu perkara
asalamualaikum bu. saya dian aprillia dari kelas 11 kuliner. saya mau menjawab pertanyaan "Contoh perilaku apa saja yang dapat ditampilkan sebagai bentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia. Baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara." berikut jawaban saya
BalasHapus1. di lingkungan keluarga. saling mengormati dan saling menyayangi. saling berbagi. saling mengasihi. tidak bertengkar dengan adik/kakak. mengerti kondisi orang tua. tidak memaksa kehendak kepada orang tua.
2. di lingkungan sekolah. menghormati guru dan kaka kelas. menyayangi adik kelas. membimbing adik kelas. saling tolong menolong. mentaati tata tertib sekolah. mau diberi hukuman bila melanggar tata tertib sekolah.
3. di lingkungan masyarakat. ramah kepada tetangga. saling bergotong royong. tidak mengejek pengemis. memberi apa yg kita punya kepada kaum dhuafa baik berupa uang, pangan, atau barang. tidak bertengkar dengan rt/rw lainnya. saling membantu satu sama lain.
4. di lingkungan bangsa dan negara. mentaati peraturan lalu lintas. mentaati dan memahami setiap instrumen HAM yang berlaku. tidak menyalahgunakan kekuasaan. harus bertanggung jawab dengan apa yang telah diperbuat. tidak membeda-bedakan sesama warga negara (rasis) baik dalam hal suku, budaya, agama, warna kulit, dll.
Assalamualaikum bu,saya shinta aulia zahra kelas 11 kuliner. Saya mau menjawab pertanyaan "Contoh perilaku apa saja yang dapat ditampilkan sebagai bentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia. Baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara" jawaban saya :
BalasHapus# Perilaku yang ditampilkan sebagai bentuk upaya mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia di Lingkungan sekolah :
1. Selalu mentaati tata tertib sekolah dengan baik.
2. Selalu menghormati warga sekolah
3. Mencegah tindakan anarkis di sekolah, seperti merusak fasilitas umum di sekolah.
4. Tidak ikut-ikutan melakukan tawuran.
5. Tidak suka membully, melecehkan, dan menghina teman
# Perilaku yang ditampilkan sebagai bentuk Upaya mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia di Lingkungan masyarakat :
1. Menghargai pendapat orang lain
2. Berkomunikasi dengan baik, sopan dan santun.
3. Mengembangkan sikap tenggang rasa di masyarakat.
4. Membantu tetangga atau anggota masyarakat yang sedang membutuhkan.
5. Menghormati hak-hak tetangga dalam kehidupan bermasyarakat.
# Perilaku yang ditampilkan sebagai bentuk Upaya mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia di Lingkungan bangsa dan negara :
1. Memahami dan mentaati setap instrumen HAM yang berlaku.
2. Bersedia menjadi saksi jika mengetahui terjadinya pelanggaran HAM.
3. Tidak membuat kerusuhan dan provokasi yang dapat memecah belah kerukunan umat beragama di indonesia.
4. Melaporkan pada pihak yang berwajib jika melihat dan mengetahui telah adanya pelangaran HAM.
5. Tidak ikut melakukan segala bentuk terorisme yang mengancam banyak umat.
# Perilaku yang ditampilkan sebagai bentuk upaya mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia di Lingkungan Keluarga :
Hapus1. Menghormati dan meyayangi sesama anggota keluarga.
2. Mematuhi nasihat dan perintah kedua orang tua.
3. Tidak memaksakan kehendak terhadap anggota keluarga.
4. Menghargai adanya tiap perbedaan sesama anggota keluarga.
5. Saling mengasihi sesama anggota keluarga.
Assalamu'alaikum bu, saya Mutiara kelas 11 Tba
BalasHapusContoh perilaku di lingkungan sekolah:
1.selalu mentaati tata tertib sekolah
2.Berteman tanpa membeda-bedakan agama/keyakinan
3.tidak merusak fasilitas sekolah, contoh:mencoret² tembok, meja dll
4.Datang kesekolah tepat waktu
5.melaporkan kpd guru apabila ada teman yang bolos, tawuran dan membully.
Assalamualaikum bu, sebelumnya perkenalkan nama saya Asri Dwi Rahmawati dari kls 11 TBB, saya akan menjawab pertanyaan di atas "contoh perilaku apa saja yang dapat di tampilkan sebagai bentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia. Baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara."
BalasHapusJawabannya sebagai berikut :
1). Di lingkungan keluarga
A. menghormati dan menyayangi adik maupun kakak, ibu, ayah, dan anggota keluarga lainnya.
B. Mematuhi nasihat dan perintah orangtua
C. Tidak membedakan antara anak sulung dan anak bungsu dan yang lainnya
D. Tidak memaksakan kehendak pada anak orang tua dan anggota keluarga lainnya
E. Saling sayang menyayangi antara anggota keluarga, dan menegur bila salah satu anggota keluarga memalukan kesalahan.
2). Di lingkungan sekolah
A. tidak memaksakan kehendak kepada temen atau guru
B. menaati tata tertib sekola dengan baik
C. Saling hormat menghormati antar murid dengan murid, murid dengan guru dan warga sekolah lainnya.
D. Tidak memdeda-bedakan teman misalnya antara teman yang kaya dengan yang miskin
E. Guru bersikap adil pada semua murid
3).Di lingkungan masyarakat
A. Tidak menghardik pengemis atau kaum dhu'afa lainnya
B. Membantu tetangga jika dalam ke susahan
C. Tidak menyinggung perasaan tetangga
D. Menghargai pendapat orang lain
E. Berkomunikasi dengan baik dan sopan santun.
4). Di lingkungan bangsa dan negara
A. Memahami dan mentaati setiap instrumen HAM yang berlaku
B. Memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat
C. Mematuhi peraturan - peraturan yang ada di suatu pemerintahan
D. Masyarakat ikut serta dalam membantu kebijakan-kebijakan pemerintah
E. Hakim pengadilan di dalam pemerintahan berperilaku adil dalam memutuskan suatu perkara.
Sekian Terimakasih.
Assalamu'alaikum bu saya intan fandhiny dari kls 11 kuliner saya mau menjawab pertanyaan "contoh perilaku apa saja yang dapat di tampilkan sebagai bentuk upaya untuk meng harmonisasikan gak dan kewajiban asasi manusia baik di lingkungan keluarga, sekolah masyarakat, bangsa dan negara" Jawaban saya:
BalasHapusDi Lingkungan Keluarga:
1. Menghormati dan meyayangi sesama anggota keluarga.
2. Mematuhi nasihat dan perintah kedua orang tua.
3. Tidak memaksakan kehendak terhadap anggota keluarga.
4. Menghargai adanya tiap perbedaan sesama anggota keluarga.
5. Saling mengasihi sesama anggota keluarga.
Di Lingkungan Sekolah:
1. Selalu mentaati tata tertib sekolah dengan baik.
2. Selalu menghormati guru dan semua warga sekolah.
3. Mencegah tindakan anarkis di sekolah.
4. Tidak ikut-ikutan melakukan tawuran.
5. Tidak suka membully,dan menghina teman.
di Lingkungan Masyarakat:
1. Menghargai pendapat orang lain ( Misal : saat rapat desa / rapat RT ).
2. Berkomunikasi dengan baik, sopan dan santun.
3. Mengembangkan sikap tenggang rasa di masyarakat.
4. Membantu tetangga atau anggota masyarakat yang sedang membutuhkan.
5. Menghormati hak-hak tetangga dalam kehidupan bermasyarakat.
dalam Berbangsa dan Bernegara:
1. Memahami dan mentaati setap instrumen HAM yang berlaku.
2. Bersedia menjadi saksi jika mengetahui terjadinya pelanggaran HAM.
3. Tidak membuat kerusuhan dan provokasi yang dapat memecah belah kerukunan umat beragama di indonesia.
4. Melaporkan pada pihak yang berwajib jika melihat dan mengetahui telah adanya pelangaran HAM.
5. Tidak ikut melakukan segala bentuk terorisme yang mengancam banyak umat.
Assalamualaikum wr wb. Saya Anansa Yuliana kelas 11 tbb ingin menjawab pertanyaan diatas
BalasHapusbentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia. Baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara.
1. Di lingkungan keluarga
a. Saling menghargai dan menghormati keluarga, dan menegur bila salah satu dari anggota keluarga melakukan kesalahan.
b. Tidak memaksakan kehendak diri sendiri kepada anggota keluarga
c. Menghindari segala macam pemicu pertengkaran antar keluarga
d. Mematuhi perintah orang tua
e. Menghargai pendapat dari setiap anggota keluarga
2. Di lingkungan sekolah
a. Taat terhadap tata tertib sekolah
b. Tidak membeda bedakan jika ingin berteman.
c. Tidak memaksakan kehendak kita kepada teman yang lain atau guru, dan saling menghargai pendapat.
d. Saling menghormati antar warga kelas lain dan sekolah lain.
e. Guru tidak membedakan muridnya dengan murid yang lain.
3. Di lingkungan masyarakat
a. Bersikap sopan dan santun antar warga lain.
b. Tidak berbicara yang dapat menyinggung perasaan tetangga.
c. Saling gotong royong membangun keharmonisan antar tetangga di dusun rumah.
d. Tidak menghardik pengemis atau kaum dhuafa
e. Menghargai pendapat tetangga.
4. Di lingkungan bangsa dan negara
a. Melaporkan kepada pihak berwenang jika melihat tindakan yang melnggar HAM
b. Mematuhi aturan dalam pemerintah.
c. Ikut serta membantu kebijakan pemerintah
d. Bersikap untuk tidak membuat kerusuhan yang dapat melanggar HAM
e. Memahami dan menaati setiap instrumen HAM yang berlaku.
Assalamualaikum Bu saya nadiya Salimah kelas 11 tatabusana a contoh perilaku yang ditampilkan dalam bentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia dilingkungan keluarga,sekolah,masyarakat
BalasHapus1.dilingkungan keluarga
-hormati dan menyayangi kedua orang tua kakak dan adik
-mematuhi nasihat dan perintah kedua orang tua
2. Di lingkungan sekolah
-selalu menaati tata tertib sekolah
-selalu menghormati guru disekolah
-tidak suka membully dan menghina teman
3. Di lingkungan masyarakat
-menghargai pendapat orang lain (misalnya saat rapat RT)
-berkomunikasi dengan baik sopan dan santun
-membantu tetangganya yang sedang kesulitan
Yasha Alfiyami XI Kuliner
BalasHapusUpaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban hak asasi manusia
di lingkungan keluarga
1 menghormati dan menyayangi keluarga
2 mematuhi perinta kedua orang tua apabila perintah tsb baik
3 menghormati kedua orang tua
Di lingkungan sekolah
1 tidak membeda-bedakan teman
2 saling menghargai satu sama lain
3 tidak memaksakan kehendak kepada teman atau guru dan Menghormati guru yang ada di sekolah
di lingkungan masyarakat
1 menghormati segala perbedaan yang ada di masyarakat
2 menanamkan sikap toleransi
3 tidak menghardik pengemis atau kaum duafa dan anak yatim/piatu
di lingkungan bangsa dan negara
1 mematuhi segala peraturan dan hukum
2 mengalami dan menaati setiap instrumen HAM yang berlaku
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusNama :Mutia Anggrayani
Kelas :Xl TBA
Contoh perilaku bentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia.
1.Di lingkungan keluarga
a.selalu mematuhi perintah dan nasihat dari kedua orang tua.
b.Menghargai adanya perbedaan sesama anggota keluarga
c.selalu menghormati hak antar sesama anggota keluarga
d.Menghindari segala bentuk kekerasan yang ada didalam keluarga
e.saling menyayangi antar anggota keluarga dan bisa menegur jika ada kesalahan yang dilakukan oleh salah satu anggota keluarga.
2.Di lingkungan sekolah
a.selalu menaati tata tertib yang ada di lingkungan sekolah dengan baik
b.Tidak menghina teman yang memiliki kekurangan
c.selalu melaksanakan ketertiban dan kedisiplinan
d.Melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab
e.Menciptakan situasi kelas yang aman,nyaman dan tertib
3.Di lingkungan masyarakat
a.Memberikan contoh yang baik kepada warga di sekitar
b.Membantu tetangga jika mereka tengah berada dalam kondisi kesusahan
c.Berusaha tidak menyinggung perasaan tetangga
d.Mengutamakan musyawarah untuk mufakat
e.Turut membantu terselenggaranya masyarakat yang aman, damai dan tenteram
4.Di lingkungan bangsa dan negara
a.Menghormati dan menghargai lembaga perlindungan HAM
b.Aktif dalam mensosialisasikan hukum dan HAM
c.Mematuhi segala peraturan yang berlaku di suatu pemerintah
d.Berusaha semaksimal mungkin untuk tidak membuat kerusuhan dan melakukan tindak provokator yang b8sa memecah belah bangsa indonesia
e.Berani untuk melahirkan kepada pihak yang berwenang jika mengetahui/melihat peristiwa pelanggaran HAM dan sebagainya
Assalamualaikum wr. wb
BalasHapusSaya Atika putri syawalia dari kelas 11 TBB.
Saya mau menjawab pertanyaan " upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia. Baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara.
1. Di lingkungan keluarga
a. Saling menyayangi, menghormati setiap anggota keluarga.
b. Patuh terhadap orang tua, dan melaksanakan perintah nya.
c. Bersikap adil kepada setiap anggota keluarga sehingga tidak ada yang merasa cemburu.
d. Menghargai pendapat setiap anggota keluarga.
e. Mendengarkan nasihat dari orang tua.
2. Di lingkungan sekolah
a. Menaati setiap peraturan yang dibuat oleh sekolah.
b. Tidak membully atau membeda bedakan teman.
c. Saling menghormati terhadap seluruh warga sekolah.
d. Menghargai pendapat teman.
e. Disiplin terhadap pengumpulan tugas yang diberikan oleh guru.
3. Di lingkungan masyarakat
a. Menghargai dan menghormati setiap anggota masyarakat.
b. Menjaga keharmonisan antara tetangga.
c. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat degan hal positif.
d. Sopan santun dan menjaga etika di lingkungan masyarakat.
e. Mengajak dan membangun lingkungan masyarakat agar lebih baik lagi.
4. Di lingkungan bangsa dan negara
a. Mematuhi peraturan yang dibuat sesuai dengan peraturan yang berlaku.
b. Mencegah tindakan yang bisa mengundang kerusuhan, separatism.
c. Melaporkan kepada pihak yang berwajib jika ada yang melakukan pelanggaran HAM.
d. Berpartisipasi dalam kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.
e. Tidak terprovokasi jika ada sesuatu yang menimbulkan kerusuhan.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamualaikum bu, saya Nurjanah dari kela11 kuliner.saya mau menjawab pertanyaan
BalasHapus"Contoh perilaku apa saja yang dapat di tampilkan sebagai bentuk upaya yang dapat untuk mengharmonusasikan hak dan kewajiban asasi manusia.baik di lingkungan keluarga, sekolah,masyarakat, bangsa dan negara" jawaban saya:
1.di lingkungan keluarga yaitu:
-menghormati dan menyayangi sesama angota kuarga.
-mematuhi nasihat dan perintah kedua orang tua.
-tidak memaksakan kehendak terhadap anggota keluarga.
-menghargai adanya tiap perbedaan sesama anggota keluarga.
-saling mengasihi sesama anggota keluarga.
2.di lingkungan sekolah yaitu:
-selalu mentaati tata tertib sekolah dengan baik.
-selalu menghormati warga sekolah (siswa, guru, staf dan karyawan).
-mencegah tindakan anarkis di sekolah, seperti merusak fasilitas umum di sekolah.
-tidak ikut-ikutan melakukan tawuran.
-tidak suka membully, melecehkan,dan menghina teman.
3.dilingkungan masyarakat yaitu:
-menghargi pendapat orang lain (misal:saat rapat desa/rapat RT.
-berkomunikasi dengan baik, sopan dan santun.
-membantu tentangga atau anggota masyarakat yang sedang membutuhkan.
-menghormati hak-hak tetangga dalam kehidupan bermasyarakat.
4.di lingkungan bangsa dan negara:
-mencegah segala bentuk aksi separatisme yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara.
-melaporkan pada pihak yang berwajib jika melihat dan mengetahui telah adanya pelanggaran HAM.
-memahami dan mentaati setiap instrumen HAM yang berlaku.
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusSaya Della Ussy Syharmila,ingin menjawab pertanyaan dri ibu
"Contoh perilaku apa saja yang dapat ditampilkan sebagai bentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia. Baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara." berikut jawaban saya
1. di lingkungan keluarga. Menghormati dan meyayangi sesama anggota keluarga,tidak membatah perkataan kedua orang tua,menegur bila salah satu anggota keluarga melakukan kesalahan.
2. di lingkungan sekolah. menghormati guru. Menaati peraturan di sekolah. Tidak memilih teman.tidak ikut"an melakukan tawuran
3. di lingkungan masyarakat. ramah kepada tetangga. saling bergotong royong. Membantu tetangga jika dalam ke susahan. Tidak menyinggung perasaan tetangga
4. di lingkungan bangsa dan negara.Tidak membuat kerusuhan dan provokasi yang dapat memecah belah kerukunan umat beragama di indonesia. mentaati peraturan lalu lintas. Tidak ikut melakukan segala bentuk terorisme yang mengancam banyak umat. mentaati dan memahami setiap instrumen HAM yang berlaku.
Della Ussy syharmila dari kelas XI.kuliner
HapusAssalamualaikum ibu, selamat pagi. Saya Novita dewi Sulistyowati akan menjawab pertanyaan yang ibu berikan.
BalasHapusContoh perilaku untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban manusia yaitu:
1. Dilingkungan keluarga
a. Saling menghormati, menyayangi dan membantu antar anggota keluarga
b. Menghargai segala perbedaan di dalamnya
c. Menaati perintah kedua orang tua
d. Saling memaafkan jika terdapat kesalahan
e. Menghindari segala sesuatu perbuatan yang dapat menimbulkan pertengkaran
f. (untuk orang tua) Tidak membeda bedakan kasih sayang kepada anak anaknya
g. Menyelesaikan suatu masalah dalam keluarga dengan baik.
2. Di lingkungan sekolah
a. Tidak membeda - bedakan dalam memilih teman
b. Murid selalu mengikuti pelajaran dengan disiplin
c. Guru tidak membeda - bedakan murid saat mengajar
d. Saling menghormati antar warga sekolah
e. Menghormati perbedaan yang ada
f. Menaati tata tertib sekolah
g. Tidak memaksakan kehendak kepada guru ataupun teman
3. Di lingkungan masyarakat
a. Tidak menghardik pengemis atau kaum dhu'afa atau lainnya
b. Berkomunikasi dengan tetangga lainnya dengan baik
c. Tidak menyinggung atau menjelek jelekan tetangga
d. Menghormati yang tua dan menyayangi yang lebih muda
e. Menghargai perbedaan pendapat dan tidak memaksakan kehendak lainnya.
f. Saling membantu tetangga yang kesusahan
4. Dilingkungan bangsa dan negara
a. Berusaha untuk memahami, mendalami dan menaati setiap instrumen HAM yang berlaku.
b.Memberikan pelayanan yang terbaik di lingkungan bangsa dan negara.
c. Mematuhi segala peraturan yang berlaku di suatu pemerintahan.
d. Mencoba untuk ikut serta dalam membantu segala kebijakan baik yang dibuat oleh pemerintah.
e. Bersedia untuk menjadi saksi dalam proses pengadilan dalam kehidupan berbangsa dan mengetahui peristiwa terjadinya pelanggaran HAM.
f. Tidak menyabotase proses pengadilan tindak pelanggaran HAM.
g. Berani untuk melaporkan kepada pihak yang berwenang jika mengetahui/melihat peristiwa pelanggaran HAM dan sebagainya.
h. Berusaha semaksimal mungkin untuk tidak membuat kerusuhan dan melakukan tindak provokator yang bisa memecah belah bangsa Indonesia.
i. Tidak berbuat Rasis
Assalamualaikum..Saya Sheli Nurhasanah dari kelas 11 Tb.b ingin menjawab pertanyaan yg ibu berikan di atas.
BalasHapusContoh perilaku apa saja yang dapat ditampilkan sebagai bentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia. Baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara."
Penegakan HAM di Lingkungan Keluarga
1. Menghormati dan meyayangi sesama anggota keluarga.
2. Mematuhi nasihat dan perintah kedua orang tua.
3. Tidak memaksakan kehendak terhadap anggota keluarga.
4. Menghargai adanya tiap perbedaan sesama anggota keluarga.
5. Saling mengasihi sesama anggota keluarga.
Di Lingkungan Sekolah
1. Selalu mentaati tata tertib sekolah dengan baik.
2. Selalu menghormati warga sekolah ( siswa, guru, staf dan karyawan ).
3. Mencegah tindakan anarkis di sekolah, seperti merusak fasilitas umum di sekolah.
4. Tidak ikut-ikutan melakukan tawuran.
5. Tidak suka membully, melecehkan, dan menghina teman
Perilaku yang Mendukung Upaya Penegakan HAM di Lingkungan Masyarakat
1. Menghargai pendapat orang lain ( Misal : saat rapat desa / rapat RT ).
2. Berkomunikasi dengan baik, sopan dan santun.
3. Mengembangkan sikap tenggang rasa di masyarakat.
4. Membantu tetangga atau anggota masyarakat yang sedang membutuhkan.
5. Menghormati hak-hak tetangga dalam kehidupan bermasyarakat.
Perilaku yang Mendukung Upaya Penegakan HAM dalam Berbangsa dan Bernegara
1. Memahami dan mentaati setap instrumen HAM yang berlaku.
2. Bersedia menjadi saksi jika mengetahui terjadinya pelanggaran HAM.
3. Tidak membuat kerusuhan dan provokasi yang dapat memecah belah kerukunan umat beragama di indonesia.
4. Melaporkan pada pihak yang berwajib jika melihat dan mengetahui telah adanya pelangaran HAM.
5. Tidak ikut melakukan segala bentuk terorisme yang mengancam banyak umat.
6. Mencegah segala bentuk aksi separatisme yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara.
Assalamualaikum Bu,saya nengsih dari kelas 11 kuliner ingin menjawab pertanyaan ibu di atas
BalasHapusPerilaku yang Mendukung Upaya Penegakan HAM di Lingkungan Keluarga
1. Menghormati dan meyayangi sesama anggota keluarga.
2. Mematuhi nasihat dan perintah kedua orang tua.
3. Tidak memaksakan kehendak terhadap anggota keluarga.
4. Menghargai adanya tiap perbedaan sesama anggota keluarga.
5. Saling mengasihi sesama anggota keluarga.
Di Lingkungan Sekolah
1. Selalu mentaati tata tertib sekolah dengan baik.
2. Selalu menghormati warga sekolah ( siswa, guru, staf dan karyawan ).
3. Mencegah tindakan anarkis di sekolah, seperti merusak fasilitas umum di sekolah.
4. Tidak ikut-ikutan melakukan tawuran.
5. Tidak suka membully, melecehkan, dan menghina teman
Perilaku yang Mendukung Upaya Penegakan HAM di Lingkungan Masyarakat
1. Menghargai pendapat orang lain ( Misal : saat rapat desa / rapat RT ).
2. Berkomunikasi dengan baik, sopan dan santun.
3. Mengembangkan sikap tenggang rasa di masyarakat.
4. Membantu tetangga atau anggota masyarakat yang sedang membutuhkan.
5. Menghormati hak-hak tetangga dalam kehidupan bermasyarakat.
Perilaku yang Mendukung Upaya Penegakan HAM dalam Berbangsa dan Bernegara
1. Memahami dan mentaati setap instrumen HAM yang berlaku.
2. Bersedia menjadi saksi jika mengetahui terjadinya pelanggaran HAM.
3. Tidak membuat kerusuhan dan provokasi yang dapat memecah belah kerukunan umat beragama di indonesia.
4. Melaporkan pada pihak yang berwajib jika melihat dan mengetahui telah adanya pelangaran HAM.
5. Tidak ikut melakukan segala bentuk terorisme yang mengancam banyak umat.
6. Mencegah segala bentuk aksi separatisme yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara.
👍🏽👍🏽 terimakasih sudah menjawab
BalasHapusAssalamualaikum Bu saya Bintang Sri Rahayu dari kelas 11 TBB ingin menjawab pertanyaan yang ibu berikan diatas.
BalasHapus1.di lingkungan keluarga
•menghormati ibu dan bapak.
•menyayangi adik dan kakak.
•mendengarkan nasihat dari orang tua.
•melaksanakan perintah yang di berikan oleh orang tua.
2.di lingkungan sekolah
•menaati tata tertib di sekolah.
•menghormati bapak ibu guru.
•menghargai pendapat teman.
•bergaul dengan semua teman tanpa membeda bedakan.
3.lingkungan masyarakat
•mengikuti kegiatan yang di selenggarakan oleh rt/rw setempat.
•berkomunikasi dengan baik kepada tetangga.
•silatuhrami kepada semua tetangga.
•bergaul kepada semua tetangga tanpa membeda bedakan satu sama lain.
4.di lingkungan bangsa dan negara.
•memahami dan menaati setiap instrumen HAM yang berlaku.
•menunjukan rasa toleransi kepada orang lain.
•tolong menolong.
•tidak membuat kerusuhan dan memprovokasi orang lain.
Assalamualaikum saya melinda riyanti dari kelas 11 kuliner
BalasHapusPerilaku yang Mendukung Upaya Penegakan HAM di Lingkungan Keluarga
1. Menghormati dan meyayangi sesama anggota keluarga.
2. Mematuhi nasihat dan perintah kedua orang tua.
3. Tidak memaksakan kehendak terhadap anggota keluarga.
4. Menghargai adanya tiap perbedaan sesama anggota keluarga.
5. Saling mengasihi sesama anggota keluarga.
Di Lingkungan Sekolah
1. Selalu mentaati tata tertib sekolah dengan baik.
2. Selalu menghormati warga sekolah ( siswa, guru, staf dan karyawan ).
3. Mencegah tindakan anarkis di sekolah, seperti merusak fasilitas umum di sekolah.
4. Tidak ikut-ikutan melakukan tawuran.
5. Tidak suka membully, melecehkan, dan menghina teman
Perilaku yang Mendukung Upaya Penegakan HAM di Lingkungan Masyarakat
1. Menghargai pendapat orang lain ( Misal : saat rapat desa / rapat RT ).
2. Berkomunikasi dengan baik, sopan dan santun.
3. Mengembangkan sikap tenggang rasa di masyarakat.
4. Membantu tetangga atau anggota masyarakat yang sedang membutuhkan.
5. Menghormati hak-hak tetangga dalam kehidupan bermasyarakat.
Perilaku yang Mendukung Upaya Penegakan HAM dalam Berbangsa dan Bernegara
1. Memahami dan mentaati setap instrumen HAM yang berlaku.
2. Bersedia menjadi saksi jika mengetahui terjadinya pelanggaran HAM.
3. Tidak membuat kerusuhan dan provokasi yang dapat memecah belah kerukunan umat beragama di indonesia.
4. Melaporkan pada pihak yang berwajib jika melihat dan mengetahui telah adanya pelangaran HAM.
5. Tidak ikut melakukan segala bentuk terorisme yang mengancam banyak umat.
6. Mencegah segala bentuk aksi separatisme yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara.
Assalamualaikum..Saya Dadan Kusuma kelas 11 kuliner ingin menjawab pertanyaan yg ibu berikan di atas.
BalasHapusContoh perilaku apa saja yang dapat ditampilkan sebagai bentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia. Baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara."
Di Lingkungan Keluarga:
1. Menghormati dan meyayangi sesama anggota keluarga.
2. Mematuhi nasihat dan perintah kedua orang tua.
3. Tidak memaksakan kehendak terhadap anggota keluarga.
4. Menghargai adanya tiap perbedaan sesama anggota keluarga.
5. Saling mengasihi sesama anggota keluarga.
Di Lingkungan Sekolah:
1. Selalu mentaati tata tertib sekolah dengan baik.
2. Selalu menghormati warga sekolah ( siswa, guru, staf dan karyawan ).
3. Mencegah tindakan anarkis di sekolah, seperti merusak fasilitas umum di sekolah.
4. Tidak ikut-ikutan melakukan tawuran.
5. Tidak suka membully, melecehkan, dan menghina teman
Di Lingkungan Masyarakat:
1. Menghargai pendapat orang lain ( Misal : saat rapat desa / rapat RT ).
2. Berkomunikasi dengan baik, sopan dan santun.
3. Mengembangkan sikap tenggang rasa di masyarakat.
4. Membantu tetangga atau anggota masyarakat yang sedang membutuhkan.
5. Menghormati hak-hak tetangga dalam kehidupan bermasyarakat.
Berbangsa dan Bernegara :
1. Memahami dan mentaati setap instrumen HAM yang berlaku.
2. Bersedia menjadi saksi jika mengetahui terjadinya pelanggaran HAM.
3. Tidak membuat kerusuhan dan provokasi yang dapat memecah belah kerukunan umat beragama di indonesia.
4. Melaporkan pada pihak yang berwajib jika melihat dan mengetahui telah adanya pelangaran HAM.
5. Tidak ikut melakukan segala bentuk terorisme yang mengancam banyak umat.
6. Mencegah segala bentuk aksi separatisme yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara.
Assalamualaikum Wr. Wb
BalasHapusSaya titin dari 11 TBA
"Contoh perilaku apa saja yang dapat ditampilkan sebagai bentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia. Baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara."
1. Lingkungan keluarga
a. Patuh terhadap orang tua dan melaksanakan perintahnya
b. Saling menyayangi dan menghormati anggota keluarga
c. Mendapatkan kasih sayang
d. Bersikap adil terhadap semua anggota kekuarga
e. Menghargai pendapat
f. Mendengarkan nasihat orang tua
2. Lingkungan sekolah
a. Mentaati semua peraturan yang ada sekolah
b. Tidak membeda-bedakan teman
c. Saling menghormati seluruh warga sekolah
d. Menghargai perbedaan pendapat
e. Mencegah tindakan anarkis di sekolah
f. Di siplin terhadap semua kegiatan, baik pengumpulan tugas ataupun kegiatan yang diadakan sekolah
3. Lingkungan masyarakat
a. Menghargai pendapat orang lain
b. Berkomunikasi dengan baik, sopan dan santun
c. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan positif yang diadakan di lingkungan masyarakat
d. Saling menghormati terhadap sesama warga
e. Membantu tetangga atau anggota masyarakat yang membutuhkan bantuan
f. Ikut serta dalam membangun lingkungan masyarakat yang lebih baik
4. Lingkungan bangsa dan negara
a. Memahami dan mentaati HAM yang berlaku
b. Melaporkan pada pihak yang berwajib jika mengetahui adanya pelanggaran HAM
c. Mencegah tindakan separatisme yang dapat menimbulkan ancaman bagi bangsa dan negara
d. Menghargai adanya perbedaan ras, suku dan agama
e. Tidak terprovokasi oleh omongan yang tidak benar dan keadaan yang dapat menimbulkan kerusuhan serta memecah belah suatu kerukunan
Assalamualaikum saya sevti Mutia dari kelas
BalasHapus11 TBA
Contoh perilaku apa saja yang dapat ditampilkan sebagai bentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia. Baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara."
1. Lingkungan keluarga
a. Patuh terhadap orang tua dan melaksanakan perintahnya
b. Saling menyayangi dan menghormati anggota keluarga
c. Mendapatkan kasih sayang
d. Bersikap adil terhadap semua anggota kekuarga
e. Menghargai pendapat
f. Mendengarkan nasihat orang tua
2. Lingkungan sekolah
a. Mentaati semua peraturan yang ada sekolah
b. Tidak membeda-bedakan teman
c. Saling menghormati seluruh warga sekolah
d. Menghargai perbedaan pendapat
e. Mencegah tindakan anarkis di sekolah
f. Di siplin terhadap semua kegiatan, baik pengumpulan tugas ataupun kegiatan yang diadakan sekolah
3. Lingkungan masyarakat
a. Menghargai pendapat orang lain
b. Berkomunikasi dengan baik, sopan dan santun
c. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan positif yang diadakan di lingkungan masyarakat
d. Saling menghormati terhadap sesama warga
e. Membantu tetangga atau anggota masyarakat yang membutuhkan bantuan
f. Ikut serta dalam membangun lingkungan masyarakat yang lebih baik
4. Lingkungan bangsa dan negara
a. Memahami dan mentaati HAM yang berlaku
b. Melaporkan pada pihak yang berwajib jika mengetahui adanya pelanggaran HAM
c. Mencegah tindakan separatisme yang dapat menimbulkan ancaman bagi bangsa dan negara
d. Menghargai adanya perbedaan ras, suku dan agama
e. Tidak terprovokasi oleh omongan yang tidak benar dan keadaan yang dapat menimbulkan kerusuhan serta memecah belah suatu kerukunan
Assalamualaikum wr.wb ibu saya Dini apriani kelas XI TBA
BalasHapusContoh perilaku apa saja yg dapat di tampilkan sebagai bentuk upaya untuk mengharmoniskan hak dan kewajiban asasi manusia. Baik di lingkungan keluarga, sekolah , masyarakat , bangsa dan negara
1.lingkungan keluarga
A.menghormati dan menyayangi sesama anggota keluarga
B.mematuhi nasihat dan perintah orang tua
C.saling mengasihi sesama anggota keluarga
2.lingkungan sekolah
A.selalu mentaati tata tertib sekolah dengan baik
B.tidak ikut ikutan melakukan tauran
C.tidak suka membully, melecehkan,dan menghina teman
3.lingkungan masyarakat
A.berkomunikasi dengan baik, sopan dan santun
B.membantu tetangga atau anggota masyarakat yang sedang membutuhkan
C.menghargai pendapat orang lain misalnya saat rapat desa atau RT
4.lingkungan bangsa dan negara
A. Mencegah segala bentuk aksi separatisme yang dapat mengancam
Keutuhan bangsa dan negara
B. Tidak ikut melakukan segala bentuk terorisme yg mengancam banyak
Umat
C. Bersedia menjadi saksi jika mengetahui terjadinya pelanggan HAM
Assalamualaikum saya Siti nuraeni dari kelas 11 Tbb
BalasHapusContoh perilaku apa saja yang dapat ditampilkan sebagai bentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia. Baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara.
Perilaku yang Mendukung Upaya Penegakan HAM di Lingkungan Keluarga:
1. Menghormati dan meyayangi sesama anggota keluarga.
2. Mematuhi nasihat dan perintah kedua orang tua.
3. Tidak memaksakan kehendak terhadap anggota keluarga.
4. Menghargai adanya tiap perbedaan sesama anggota keluarga.
5. Saling mengasihi sesama anggota keluarga.
Di Lingkungan Sekolah:
1. Selalu mentaati tata tertib sekolah dengan baik.
2. Selalu menghormati warga sekolah ( siswa, guru, staf dan karyawan ).
3. Mencegah tindakan anarkis di sekolah, seperti merusak fasilitas umum di sekolah.
4. Tidak ikut-ikutan melakukan tawuran.
5. Tidak suka membully, melecehkan, dan menghina teman
Perilaku yang Mendukung Upaya Penegakan HAM di Lingkungan Masyarakat:
1. Menghargai pendapat orang lain ( Misal : saat rapat desa / rapat RT ).
2. Berkomunikasi dengan baik, sopan dan santun.
3. Mengembangkan sikap tenggang rasa di masyarakat.
4. Membantu tetangga atau anggota masyarakat yang sedang membutuhkan.
5. Menghormati hak-hak tetangga dalam kehidupan bermasyarakat.
Perilaku yang Mendukung Upaya Penegakan HAM dalam Berbangsa dan Bernegara:
1. Memahami dan mentaati setap instrumen HAM yang berlaku.
2. Bersedia menjadi saksi jika mengetahui terjadinya pelanggaran HAM.
3. Tidak membuat kerusuhan dan provokasi yang dapat memecah belah kerukunan umat beragama di indonesia.
4. Melaporkan pada pihak yang berwajib jika melihat dan mengetahui telah adanya pelangaran HAM.
5. Tidak ikut melakukan segala bentuk terorisme yang mengancam banyak umat.
6. Mencegah segala bentuk aksi separatisme yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara.
Assalamualaikum bu,saya Nita maryati dari kelas 11 tba .
BalasHapus"Contoh perilaku apa saja yang dapat ditampilkan sebagai bentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia. Baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara" jawaban saya :
-Perilaku yang ditampilkan sebagai bentuk upaya mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia di Lingkungan sekolah :
1. Selalu mentaati tata tertib sekolah dengan baik.
2. Selalu menghormati warga sekolah
3. Mencegah tindakan anarkis di sekolah, seperti merusak fasilitas umum di sekolah.
4. Tidak ikut-ikutan melakukan tawuran.
5. Tidak suka membully, melecehkan, dan menghina teman
Perilaku yang ditampilkan sebagai bentuk Upaya mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia di Lingkungan masyarakat :
1. Menghargai pendapat orang lain
2. Berkomunikasi dengan baik, sopan dan santun.
3. Mengembangkan sikap tenggang rasa di masyarakat.
4. Membantu tetangga atau anggota masyarakat yang sedang membutuhkan.
5. Menghormati hak-hak tetangga dalam kehidupan bermasyarakat.
- Perilaku yang ditampilkan sebagai bentuk Upaya mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia di Lingkungan bangsa dan negara :
1. Memahami dan mentaati setap instrumen HAM yang berlaku.
2. Bersedia menjadi saksi jika mengetahui terjadinya pelanggaran HAM.
3. Tidak membuat kerusuhan dan provokasi yang dapat memecah belah kerukunan umat beragama di indonesia.
4. Melaporkan pada pihak yang berwajib jika melihat dan mengetahui telah adanya pelangaran HAM.
5. Tidak ikut melakukan segala bentuk terorisme yang mengancam banyak umat.
Balas
Nama= Iras wati
BalasHapuskelas= X TBA
mapel=ppkn
"Contoh perilaku apa saja yang dapat ditampilkan sebagai bentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia. Baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara" jawaban saya :
-Perilaku yang ditampilkan sebagai bentuk upaya mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia di Lingkungan sekolah :
1. Selalu mentaati tata tertib sekolah dengan baik.
2. Selalu menghormati warga sekolah
3. Mencegah tindakan anarkis di sekolah, seperti merusak fasilitas umum di sekolah.
4. Tidak ikut-ikutan melakukan tawuran.
5. Tidak suka membully, melecehkan, dan menghina teman
Perilaku yang ditampilkan sebagai bentuk Upaya mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia di Lingkungan masyarakat :
1. Menghargai pendapat orang lain
2. Berkomunikasi dengan baik, sopan dan santun.
3. Mengembangkan sikap tenggang rasa di masyarakat.
4. Membantu tetangga atau anggota masyarakat yang sedang membutuhkan.
5. Menghormati hak-hak tetangga dalam kehidupan bermasyarakat.
- Perilaku yang ditampilkan sebagai bentuk Upaya mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia di Lingkungan bangsa dan negara :
1. Memahami dan mentaati setap instrumen HAM yang berlaku.
2. Bersedia menjadi saksi jika mengetahui terjadinya pelanggaran HAM.
3. Tidak membuat kerusuhan dan provokasi yang dapat memecah belah kerukunan umat beragama di indonesia.
4. Melaporkan pada pihak yang berwajib jika melihat dan mengetahui telah adanya pelangaran HAM.
5. Tidak ikut melakukan segala bentuk terorisme yang mengancam banyak umat.